Sabtu, 08 Maret 2014

UNISBA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~ o:)
ehem, sebagai mahasiswi UNISBA yang berbudi baik, berakhlak, dan beriman, harus di buka dengan salam yang baik #eaaa

kali ini gue mau cerita tentang kampus gue, UNISBA. di post-post sebelumnya, gue beberapa kali nyebut UNISBA kan? nah, daripada kepo, penasaran, ampe gabisa bobo, ampe stalk sana sini, ampe riweh ngebongkar google, tenaaaaang bakal gue jelasin kok *put on sunglasses*

UNISBA, kepanjangannya adalah UNISBAAAAAAAAAAAAAAAAAAA~~~~ (owh please ti, it's an old joke -____-)

oke, serius, kepanjangan dari UNISBA adalah UNiversitas ISlam BAndung.

Unisba ada di kota bandung, tepatnya di daerah tamansari. kapan-kapan kalo main ke bandung, mampir ke daerah sini ya! liat-liat ajaa hahaha

Fakultas yang ada di Unisba yaitu:

  1. syariah
  2. dakwah
  3. tarbiyah
  4. hukum
  5. psikologi
  6. mipa
  7. teknik
  8. ilmu komunikasi
  9. ekonomi dan bisnis
  10. kedokteran
  11. pascasarjana

Kampus Unisba di sebut juga kampus biru. kenapa? karna di kampusnya ada biru-biru (i guess..)


nahkan.. ada biru-birunya kan? o_ov

Unisba bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang 3 M, apasih 3 M itu?
"mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami, maka dalam proses pembelajaran banyak dimuati pendidikan ke-Islaman yaitu Pendidikan Agama Islam setiap semester, mentoring Agama Islam, pesantren mahasiswa dan calon sarjana" (unisba.ac.id)
whaaattt?? ada pesantrennya?!!
ini siapa tiba-tiba nongol nanya teriak-teriak -_-" iya bener. ada pesantrennya. pesantrennya di adakan 2 kali selama kita kuliah, pertama waktu masih seger-segernya jadi mahasiswa (baca: maba) namanya pesantren mahasiswa, yang kedua waktu kita udah di tingkat 4 (atau tingkat akhir) namanya pesantren calon sarjana.

sedikit gue singgung soal pesantrennya (soalnya baru 2 minggu yang lalu baru gue jalanin hehehe)
di pesantren ini kita belajar tentang agama islam, terutama yang sunnah-sunnahnya. BUT... don't worry, materinya ga terlalu berat kok. materinya berkisar hal-hal yang ada di sekitar kita. disini kita juga dibiasakan untuk melakukan ibadah sunnah (sholat sunnah, sholat berjamaah, baca al-qur'an, dan lain lain). pesantren ini dilaksain di kampus II unisba ciburial. walaupun namanya kampus, tapi di kampus II ini isinya cuma asrama, jadi kampus II ini di gunain buat pesantren dan pelatihan. lama pesantren 6 hari. awalnya berat sih, cuma lama-lama jadi asik, karena kita bisa deket sama temen yang selama ini cuma sekedar "oh dia, yang namanya si A" ternyata setelah deket orangnya asik banget :D hohoho

-____________- jadi kepanjangan ngebahas pesantren kan tuh hahaha

umm.. apalagi ya tentang unisba?
oiya, di Unisba gaada yang namanya ospek.
lohloh? kok gaada? terus gimana dong biar kenal sama kampusnya kalo ga di ospek?
yappp bener, gaada. jadi karna Unisba ya harus islami dooongggg gaada tuh yang namanya ospek yang identik dengan yang serem-serem di universitas. yang ada namanya ta'aruf. taukan ta'aruf? yaaa intinya mah kenalan secara islami.
Taaruf adalah kegiatan bersilaturahmi, kalau pada masa ini kita bilang berkenalan bertatap muka, atau main/bertamu ke rumah seseorang dengan tujuan berkenalan dengan penghuninya (id.wikipedia.org)
disini tuh kita seluruh fakultas di kumpulin di satu aula. nah loh kebanyang deh tuh ramenya kayak apa *omg* di aula itu, selama 3 hari kita di kenalin tentang universitas.
cuma tentang Universitas doang ti yang dikenalin? kalo tentang fakultas dan jurusan kok gaada?
hmm.. jadi tuh ta'arufnya ada banyak, ada ta'aruf Universitas (6 hari lebih dekat dengan fakultas lain dan mengenal tentang unisba) 3 hari di aula, 3 hari di ruangan dimana 1 ruangan itu isinya 1 kelompok yang terdiri dari berbagai fakultas. terus ada yang namanya ta'aruf fakultas *jengjeng*
kenapa ti? kok tiba-tiba pucet? ada apa dengan ta'aruf fakultas? 
eng... jadi kayaknya pernyataan awal tentang gaada yang serem-serem, sedikit aku ralat. IT IS ada yang serem-serem (well, karna gue fakultas kedokteran, jadi yang gue maksud disini yaa kedokteran aja. fakultas lain? kurang tau saya bu o_o). tapi mungkin wajarlah di kedokteran ada yang serem-serem. buat ngedidik mental, soalnya pas ko-ass lebih kejam lagi yang kita terima.
*deg* okay.... jadi pas di perkenalan fakultas ngapain aja ti?
umm yang gue laksanain disini, gue kurang inget detailnya. engga mau gue inget sih lebih tepatnya.. cuma sekali saja :') gausah diulang lagi. cukup di resapi hikmah dibaliknya dan ambil sisi baiknya o:)

intermezzo:
waktu gue ketemu temen-temen SMA gue dulu, pada gamau kalah, semuanya ngotot kalo ospek mereka yang paling mengerikan. jadi kesimpulannya buat yang mau memasuki jenjang perkuliahan, engkau akan mengalami hal seram itu, nak. HAHAHAHA

duhh.. maaf maaf bukannya mau nakut-nakut kalian yang bentar lagi mau kuliah. emang sih kedengerannya serem, tapi banyak hal serunya kok. jangan takut. tugas yang dikasih senior kalian tujuannya biar 1 angkatan bisa kompak. nanti kalo udah ngerasain, kalian pasti paham maksud gue apa.. pokoknya jangan sampai cerita gue bikin kalian takut kuliah karna ada ospeknya, oke wkwkwk peace o_ov liat aja gue masih hepi-hepi ngetik post ini. ga seserem yang kalian bayangin kok #eaaaa #eaaaaputieaaa

itu aja deh yang gue share kali ini. buhbyeee~~~
oiya lupa salam, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh o:)

-terkadang pengalaman yang paling tidak ingin di ingat adalah hal yang paling seru buat diingat nantinya-

2 komentar:

  1. Teh tahun ini aku lanjut ke fk unisba, info dong pas ta'aruf fakultas ngapain aja*penasaran* abis ga diceritain.

    BalasHapus
  2. laki laki nya dibotakin ga teh?terus kalo dibotakin,biasanya jurusan apa aja yg dibitakin

    BalasHapus